What are you looking for?

My life without foundation

Oke... di sini aku mau berbagi kisah hidup per-make-up-an ayuwinati 2018 yang dimulai tanpa sebuah... FOUNDATION!

Kenapa terfikirkan untuk nggak pake foundation lagi?

Kalau kalian suka baca postingan aku sebelumnya, pasti kalian tahu bahwa kulit wajahku sedang berjerawat dan bekas jerawatnya susah hilang. The worst thing is aku nggak tahu kenapa aku berjerawat karena segala cara sudah aku coba. Tapi kalian tahu kan, aku nggak mungkin banget nggak pake make-up kalau ke kampus atau ke acara-acara penting pas week end. Well, syarat utama make-up dari seorang ayuwinati adalah foundation.

Foundation tuh holy grail banget ya buat aku karena produk ini bisa menyamarkan uneven skin tone, bekas jerawat, jerawat, dan kantung mata. Tapi makin kesini aku mikir mungkin foundation ini menutup pori-pori aku dan malah menimbulkan makin banyak jerawat. Aku terfikirkan sih untuk beralih ke BB cream yang lebih sheer coverage, tapi aku masih ragu apa aku bisa lepas dari foundation yang full coverage.

Terus produk apa yang digunakan sebagai pengganti foundation?

Aku mencari alternatif produk yang coverage-nya kira-kira sama seperti foundation. Kalian pasti sudah bisa menebak kan? Yap... CONCEALER! Tapi apa bisa menempel sempurna sebuah concealer tanpa foundation? Let's make some experiment...!

1. Only Concealer 


Concealer Maybelline Fit Me!
Pada percobaan pertama, aku mengganti foundation dengan concealer. Setelah memakai moisturizer dan sun screen, aku mengaplikasikan concealer pada bagian T zone, kantung mata, jerawat, dan bekas jerawat. Khusus bagian yang ingin ditutupi, seperti jerawat dan bekas jerawat, concealer ditekan-tekan dengan ujung jari sampai kira-kira sama warnanya dengan kulit. Untuk bagian T-zone dan kantung mata, aku menggunakan sponge yang ditekan-tekan sampai merata. Sponge ditekan-tekan sampai seluruh wajah walaupun pada bagian yang tidak diberi concealer agar warna tetap merata di seluruh wajah. Diamkan concealer sekitar 1-2 menit, lalu setting dengan bedak tabur menggunakan brush. Shade concealer pasti akan lebih terang dari warna kulit kamu dan menyebabkan white cast. Aku menggunakan bronzer untuk mengakalinya pada bagian dahi atas, tulang pipi, dan rahang.

My bare face condition

Concealer directory
Sponge, bedak tabur, brush, blush on, dan bronzer


Blush on and bronzer directory

Step by step
Before (left) - After (right)


Lama percobaan = 2 Minggu

Hasil (+) Full coverage, nggak nimbulin jerawat baru
         (- ) White cast, setelah pemakaian 5 jam concealer luntur dan jadi agak cemong,
               gampang berminyak

2. Concealer + Primer

Karena only concealer menyebabkan cemong, aku mau nyoba pake tambahan primer. Tetapi pemakaiannya setelah moisturizer dan sun screen. Aku tetap mau skin care aku menyerap sempurna pada wajah. Untuk langkah-langkahnya sama persis dengan only concealer hanya saja sebelum menggunakan concealer, aku aplikasiin primer dulu. Aku mencoba dua primer, satu dari Etude House, dan satu lagi serum dari MakeOver.

Primer Etude House
Serum MakeOver


Lama percobaan = 2 hari (masing-masing brand)

Hasil (+) Full coverage, make-up tahan lama, nggak gampang berminyak
         (- ) Menambah banyak jerawat baru

3. Aloe vera + BB cream

Karena aloe vera termasuk skin care, jadi aku pake sebelum moisturizer dan sun screen. Aloe vera lumayan menyerap minyak dan menenangkan jerawat jadi aku harap wajahku akan baik-baik saja dengan make-up tetap awet. Lalu aku nyoba pake BB cream karena penasaran coverage-nya seperti apa di wajahku. Jadi setelah memakai skin care, aku langsung pakein BB cream. Sisanya sama dengan only concealer yaitu disetting dengan bedak tabur.


BB cream, pssst I try another brand too! (will be reviewed soon)


Lama percobaan = 5 hari

Hasil (+) Nggak gampang berminyak, warna wajah tampak natural, jerawat yang muncul
               tidak terlalu banyak
         (- ) Sheer coverage (bekas jerawat kelihatan, kantung mata nggak tersamarkan)

4. Aloe vera + concealer

Lama percobaan = 2 hari

Hasil (+) Full coverage, make-up tahan lama, nggak gampang cemong, nggak ada jerawat                 baru
         (- ) Tetap berminyak

Anyway, pilihan make-up aku jatuh pada nomor 3, yaitu Aloe Vera + BB cream. Walaupun sheer coverage, yang penting dua produk ini nggak makin menimbulkan banyak jerawat. Oh iya, ada kabar baik setelah satu bulan nggak pakai foundation, yaitu ...

BEKAS JERAWAT JADI MUDAH SAMAR DAN HILANG LEBIH CEPAT!

Aku seneng banget akhirnya aku tahu apa yang menyebabkan bekas jerawatku susah banget hilang. Aku sebelumnya pakai foundation Revlon yang ColorStay for Oily Skin. Aku nggak paham kenapa foundation ini bisa bikin bekas jerawat aku susah hilang. But now I am so happy karena percobaan ini berhasil membuat kemajuan pada wajahku. Well, walaupun jerawat masih suka timbul entah kenapa.....

Hope you enjoy this post!



No comments:

Post a Comment